VISUAL WEB DEVELOPER 2008 - Overview Part 1 | Iksan Komputer

Wednesday, August 7, 2019

VISUAL WEB DEVELOPER 2008 - Overview Part 1

Semenjak kehadirannya sebagai bagian di Visual Studio 2005 Express dan kini brand yang lebih dikenal dengan VISUAL WEB DEVELOPER 2008 ini kembali hadir di versi 2008. Apa yang dapat kita harapkan dari versi baru ini?

Kisah Klasik Sebuah IDE WEB

Interface VISUAL WEB DEVELOPER 2008
Interface VISUAL WEB DEVELOPER 2008

Mengapa menggunakan IDE? Mungkin memang bukan pertanyaan yang akan muncul pada saat Anda mengembangkan aplikasi berbasis web, pertimbangan kompleksitas desain, pemecahan proses bisnis aplikasi yang dinamis, serta implementasi yang mengikuti standar membuat Anda mungkin mengerutkan dahi bila hanya bergantung kepada editor HTML dan membutuhkan editor HTML yang kaya fitur atau yang lebih dikenal dengan WYSWYG IDE. IDE untuk mengembangkan web memang sudah menjadi standar, tetapi kenapa harus menggunakan (Visual Web Developer VWD). Mengapa tidak menggunakan IDE yang lain. Baik penulis kemukakan dua alasan standar, yakni Peningkatan Produktivitas dan Tanpa Investasi (Gratis).

Produktivitas apakah yang ditawarkan oleh VISUAL WEB DEVELOPER, dan seandainya Anda adalah pengguna setia VISUAL WEB DEVELOPER mengapa Anda harus meng-upgrade ke VISUAL WEB DEVELOPER 2008. Pertimbangan pertama pada saat Anda menggunakan sesuatu yang baru adalah apa manfaat lebih dan fitur terbaru yang saya dapatkan dibandingkan versi yang terdahulu.

Terdapat dua fitur terbaru yang menonjol di VWD, yakni integrasi dukungan terhadap pengembangan AJAX dan dukungan teknologi LINQ. Dua hal tersebut secara menyeluruh menempel pada teknologi .NET 3.5, tetapi seperti menjaga tradisi kemudahan dua teknologi tersebut lebih dimudahkan dengan bantuan IDE.

Selain LINQ dan AJAX, beberapa server kontrol baru juga hadir. Bagi Anda yang sudah terbisa dengan terus bertambahnya fitur, berikut penulis bahas beberapa fitur baru dan perbaikan yang mengesankan di VISUAL WEB DEVELOPER.

  1. Keamanan. Perbaikan diletakkan pada kemudahan implementasi membership, roles, dan login server controls. Pembuatan autentifikasi dan otorisasi kini makin tidak berorientasi kode melainkan hanya wizard dan wizard, menyenangkan, bukan?
  2. Tampilan Desain Intutif dan dukungan CSS editor. Bila pada VWD 2005 untuk mengetahui seluruh nilai CSS Anda harus memilih class css kemudian memilih konteks menu untuk mendesain CSS, maka kini lahir suatu fitur yang dikenal dengan CSS Properties. CSS Properties, sesuai dengan namanya, sangat mirip dengan Control Properties milik control ASP.NET.
  3. IntelliSense untuk JScript dan ASP.NET AJAX, Beberapa rekan developer mungkin sangat terbius dengan kenikmatan Ctrl+Space (autocomplete/intellisense) di IDE Visual Studio, tetapi sangat disayangkan tidak semua berkas mendukung intellisense. Pada versi VWD 2008, javascript kini mendukung intelisense, alhasil developer dapat membuat berkas javascript seperti AJAX dan Silverlight dengan lebih mudah.
  4. Web Application Projects. Dengan menggunakan model Web application project, Anda bisa meng-compile website ke dalam satu folder BIN dan secara eksplisit mendefinisikan sumber daya dari project yang bersangkutan. Hal yang patut diperhatikan model Web Application Projects ini berbeda dengan Website project di VISUAL WEB DEVELOPER 2005, silakan mencoba untuk melihat beda dan kemudahannya ditingkat deployment.
  5. Dukungan untuk membuat dan menggunakan WCF dalam web, Bila pada versi 2005 kita harus memasang ekstensi WCF, kini dukungan WCF sudah terintegrasi dan kita dapat mengombinasikannya dengan berkas asmx sebagai berkas default pengembangan web services.
  6. Dukungan untuk ASP.NET AJAX Extender Control yang lebih kaya. AJAX control toolkit sudah bergaung semenjak semester yang lalu dan kini pada VWD 2008. AJAX Extender Control memudahkan kita untuk melakukan migrasi dari kontrol ASP.NET yang standar menjadi ASP.NET yang AJAX Ready.

Membuat Sebuah Project Baru

Membuat Website project di VISUAL WEB DEVELOPER 2008 adalah suatu perkara yang tidak sulit kita dapat membuat project baru melalui menu File -> New Web Site. Pada HOL ini, kita akan membuat halaman DownloadWebPage.

Desain Database dengan SOL Server Express 2005 SP2

Sebelum menuju pengembangan aplikasi, kita akan membuat terlebih dahulu basis data yang dijadikan sebagai sumber penyimpanan informasi download. Pada kesempatan ini, penulis menggunakan SQL Server Express 2005 dengan beberapa alasan.
  • Kemudahan integrasi dengan semua produk Visual Studio termasuk Visual Web Developer.
  • Performa yang mencukupi tanpa investasi (gratis).
  • Dukungan dan teknologi terdepan dalam RDBMS. Penulis membuat sebuah database dengan nama Download dengan susunan field seperti pada Gambar 4.

VISUAL WEB DEVELOPER 2008 - Overview Part 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment