Ragam Komputer Pribadi, Mulai Dari Kelas Bawah Sampai High-End | Iksan Komputer

Friday, August 23, 2019

Ragam Komputer Pribadi, Mulai Dari Kelas Bawah Sampai High-End

KOMPUTER adalah lompatan sejarah. Sepuluh tahun lalu personal computer (kita sebut saja komputer) masih tergolong barang mewah. Kapasitas memorinya hanya beberapa megabita, dan kemampuannya terbatas sekadar untuk membuat spreadsheedatau mengelana ke jagat baru bernama world wide web.

Namun, hari ini komputer telah berubah menjadi satu stasiun hiburan. Di kotak yang sama kita bisa menonton film, memutar CD, main game, bahkan mengedit film dan merekam DVD.

Komputer Pribadi


Eloknya, dengan tambahan tugas-tugas multitasking seperti itu, kemampuannya membuat spreadsheed dan menjadi wahana berbelanja di jagat internet tak berkurang, bahkan cenderung makin bertambah cepat dan canggih.

Seperti juga mobil, komputer dibuat dalam pelbagai kelas mutu, mulai dari yang termurah, menengah, hingga supercanggih. Namun, bahkan komputer "kelas kambing" sekalipun memiliki kapasitas dan kemampuan yang lima tahun lalu tak pernah terbayangkan.

Lihat misalnya komputer yang ditawarkan Adira Finance dalam program "Aku Punya PC", dengan harga Rp3,l juta (termasuk monitor warna 15 inci). Komputer murah meriah ini berisi prosesor Intel Celeron D prosesor 315, kapasitas memori 128 megabita, 40-gigabita harddrive. Dengan mesin prosesor Intel Celeron yang agak lamban, kotak cerdas ini masih cukup andal sekadar untuk memutar CD, berselancar di internet, atau memproses foto digital.

Namun, mereka yang ingin mengerjakan tugas berat, seperti merekam DVD, mengelola foto digital, dan bermain produk terbaru video games, memerlukan komputer menengah yang bisa "kerja rodi". Di kelas ini misalnya terdapat HP Pavilion a730n. Komputer yang dilengkapi Intel Pentium 4 prosesor 530, kapasitas memori 512 Mb, 200-Gb hard drive dan koneksi langsung ke kamera video digital itu dijual dengan US$1.300 (termasuk monitor layar datar 17 inci).

SEPERTI JUGA MOBIL, KOMPUTER DIBUAT DALAM PELBAGAI KELAS MUTU, MULAI DARI YANG TERMURAH, MENENGAH, HINGGA SUPERCANGGIH.


Kunci kemampuan dan kapasitas komputer terletak pada prosesor. Perhatikan spesifikasi ini: "3GHz Intel Pentium 4 prosesor 530 dengan HT Teknologi dan 800 MHz front-side bus (FSB)". Bagian pertama spesifikasi itu (3GHz Intel Pentium 4) menunjukkan tipe prosesor dan kecepatannya.

Sementara itu, ”530" menandakan kelas kemampuan prosesor. Komputer dengan prosesor kepala 5 (seperti 530) berarti siap bekerja berat untuk pelbagai keperluan multimedia. Sedangkan prosesor kepala 3 (ingat Intel Celeron 315 tawaran Adira Finance) berarti hanya bisa mengerjakan tugas komputasi biasa.

Jika Anda menemukan kotak cerdas dengan prosesor Intel seri 700 (seperti HP Compaq tcllO), itu berarti benda dahsyat tersebut siap dipakai sebagai mobile-computer. Sejumlah komputer yang dibuat khusus untuk permainan games canggih (seperti VoodooPC),

Menggunakan prosesor superekspres ini. Tanpa monitor, kotak game dahsyat itu dijual antara US$1.500 sampai US$6.100.

HT teknologi merujuk pada "hyper-threading". Artinya, siap diperlakukan "semena-mena", misalnya, digunakan^-'"' untuk merekam klip video sekaligus; mendengarkan musik, plus mengerjakan tugas-tugas word-processing. Agar mudah, bayangkan saja: komputer HT seperti otak genius yang mampu berkonsentrasi mengerjakan tiga tugas sekaligus.

Sedangkan FSB merupakan indikator lain kecepatan komputer. Ini ibarat jalan tol yang menghubungan otak dan memori komputer. Makin besar satuan FSB, makin banyak data yang bisa diproses.

Ihwal laptop, selain indikator kecepatan, kemampuan, dan kapasitasnya, ada dua faktor tambahan yang perlu dicatat: bobot laptop dan fasilitas koneksi internet tanpa kabel. Toshiba Satellite P35 dengan koneksi internet tanpa kabel, misalnya, dianggap mampu menggantikan seluruh fungsi desktop. Laptop yang tergolong berat (bobot hampir 5 kg) ini dijual seharga US$1.700.

Sejumlah produsen laptop (seperti Apple yang membuat iBooks dan IBM yang memproduksi ThinkPad) membuat pilihan menarik: fasilitas koneksi tanpa kabel bisa ditambahkan dengan biaya US$100.

Ragam Komputer Pribadi, Mulai Dari Kelas Bawah Sampai High-End Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment