Spesifikasi HDD 2.5 Inch SEAGATE MOMENTUS XT 500GB | Iksan Komputer

Thursday, July 25, 2019

Spesifikasi HDD 2.5 Inch SEAGATE MOMENTUS XT 500GB

Tampangnya hanya seperti harddisk berukuran 2,5” seperti kebanyakan. Namun dibalik itu tersimpan kemampuan dan teknologi yang luar biasa. Harddisk Seagate Momentus XT 500GB sudah menerapkan teknologi hybrid di dalamnya. Di-mana selain masih mengandalkan piringan untuk memberikan kapasitas besar, yaitu 500GB, ia juga menerapkan kecepatan layaknya SSD, dengan menambahkan SLC NAND Solid State Memory sebesar 4 GB. Ini yang kemudian disebut dengan Hybrid technology oleh mereka. Dengan kapasitas yang besar, masih didapatkan performa kecepatan yang sangat baik.

Hardisk mungil dengan segudang kelebihan.
Hardisk mungil dengan segudang kelebihan.
Hasilnya, dengan teknologi hybrid tersebut, produk ini memiliki kinerja yang luar biasa, tidak seperti performa yang dimiliki harddisk dengan kecepatan putar 7200 rpm pada umumnya. Ini terbukti dari rangkain pengujian yang kami lakukan pada produk ini, dimana hasilnya mencapai penilaian sempurna, terkecuali untuk Access Time yang kurang memuaskan.

Namun masih disayangkan pada pengujian HDTune yang kami lakukan, terlihat tren penurunan transfer rate yang menandakan ketidakstabilan dari produk ini. Harddisk ini mendukung konektor SATA 3Gb/s © dengan Native Command Queuing.

Tolok ukur kinerja yang diuraikan dalam ulasan ini dapat dikategorikan ke dalam dua bagian. Yang pertama adalah bagian IOMeter dan CrystalDiskMark standar yang menggunakan urutan data / file yang dihasilkan secara acak dan yang kedua adalah jejak yang dapat diulang. Biasanya sebagian besar drive berinteraksi dengan kedua set tolok ukur dengan cara yang sama, tetapi Seagate Momentus XT berbeda. Dalam tes IOMeter dan CrystalDiskMark kami, Anda hanya akan melihat kinerja mentah, yang biasanya dapat diterjemahkan ke dalam skenario dunia nyata. Karena Momentus XT secara aktif menyimpan pola data berulang, kinerja penuhnya tidak akan terlihat di paruh pertama pengujian kami.

Dalam pengujian pertama kami, kami melihat tampilan kinerja transfer file sekuensial IOMeter 2MB dari Momentus XT. Dibandingkan dengan 7200.4, ia hanya memiliki kecepatan baca sekitar 3MB / s tetapi kecepatan tulisnya 3MB / s. Kami menyertakan Velociraptor dalam tolok ukur ini karena Seagate membuat klaim secara langsung membandingkan kinerja Momentus XT dengan drive 10.000RPM.
Performa HDTune
Performa HDTune menunjukkan penurunan kinerja dari awal hingga akhir pengujian.

Paket penjualan

Tidak ada tambahan yang ditawarkan pada paket penjualan ketika Anda memutuskan untuk membeli produk ini. Praktis, anda hanya akan memperoleh unit harddisk-nya saja.

Harga yang dibanderol cukup tinggi, yaitu Rpl.249.000. Namun jika menilik dari performa, teknologi, dan kapasitas yang dihasilkan oleh produk ini, tentu saja harga tersebut menjadi wajar. Apalagi jika Anda memutuskan untuk menjadikan harddisk ini sebagai portable harddisk. Anda tinggal membeli enclosure dengan tipe konektor USB 3.0 ataupun dengan konektor eSATA. Dijamin harddisk Anda akan berlari kencang

Spesifikasi HDD 2.5 Inch SEAGATE MOMENTUS XT 500GB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment