Spesifikasi Gaming Motherboard ASUS SABERTOOTH X58 | Iksan Komputer

Thursday, July 25, 2019

Spesifikasi Gaming Motherboard ASUS SABERTOOTH X58

ASUS mengeluarkan motherboard berbasis chipset Intel X58 dengan produk terbaru, yaitu ASUS Sabertooth X58. Motherboard yang mengusung tema militer ini memang terlihat eye catching. Membuktikan bahwa ASUS sangat memperhatikan nilai estetika dan desain dari produknya, tidak hanya dari segi performa yang baik saja. Seri motherboard TUF (The Ultimate Force) ini memang mengusung tema militer yang memberikan kesan kuat, terlihat dari beberapa fitur seperti CeraMiX heat coating technology untuk mempercepat pelepasan panas pada chipset secara efektif O, TUF komponen pada alloy choke ©, kapasitor dan MOSFET © yang memiliki standar militer, dan ESP (Efficient Switching Power design) untuk mengoptimalkan daya secara efisien.

Motherboard chipset X58 dengan tema militer.
Motherboard chipset X58 dengan tema militer.
Pada beberapa kesempatan kami telah mengulas bahwa produsen motherboard mengalami kesulitan membuat produk yang jelas berbeda satu sama lain. Lagi pula, mereka berbagi core umum (chipset) dan mendukung rentang CPU yang sama (biasanya, biasanya). Untuk mengatasi masalah ini, produsen papan sedang membangun set fitur untuk setiap produk serta fitur umum untuk jajaran internal mereka dan bahkan fitur umum untuk seluruh jajaran produk mereka.

Banyak dari ini masuk dalam kategori nilai tambah perangkat lunak atau tweak BIOS. Namun, yang sering diabaikan adalah pilihan komponen. Hal-hal seperti menggunakan serangkaian kapasitor dengan toleransi tegangan yang lebih tinggi atau regulator tegangan yang lebih kuat. Jenis "fitur" ini tidak se-seksi seperti tombol OC atau overclocking nirkabel, tetapi seringkali lebih penting. ASUS tampaknya telah mempelajari hal ini dan sering menggunakan komponen yang dinilai jauh lebih tinggi dari yang dibutuhkan. Hari ini kita melihat motherboard X58 Sabertooth mereka.

Produk ini membanggakan bahwa ia dibangun semua dengan komponen umur panjang yang telah disertifikasi dengan standar militer A.S. oleh agen pihak ketiga. Tentu saja, menjadi produk ASUS yang tidak Anda dapatkan sepenuhnya; Anda juga mendapatkan sistem pendinginan tingkat papan yang unik yang telah dilapisi oleh keramik untuk meningkatkan pendinginan, dan daftar cucian biasa dari fitur-fitur umum ASUS.
Fitur CeraMiX pada chipset ICH10R.
Fitur CeraMiX pada chipset ICH10R.
Sabertooth adalah motherboard yang bagus. Kombinasi warna memberikannya tampilan militer yang dimaksudkan, tetapi tidak membuatnya menjadi produk yang tidak menarik. Tata letak motherboard ATX telah digunakan dengan cukup efisien dan ASUS juga telah memberikan solusi pendinginan yang dirancang secara estetika

Untuk memory sendiri menggunakan triple-channel architecture 6 x DIMM DDR3 1866 MHz dengan kapasitas maksimum mencapai 24 GB. Selain itu, slot PCIe juga melimpah, dengan 2 slot PCIe 2.0 x 16, 1 slot PCIe xl6 (hitam), 2 PCIe xl dan 1 slot PCI sehingga mendukung multi-GPU baik SLI maupun CrossFireX. Tidak hanya itu, fitur USB 3.0 © dan SATA 6 Gb/s © pun sudah melekat pada produk ini.

Kembali ke bahasan review kami, kami menemukan enam slot RAM. Ini menggunakan gaya satu tangan di slot utama. Bahkan tanpa kunci kedua, slot ini sangat kokoh. Anda juga dapat melihat jumper. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kisaran tegangan di BIOS. Ini diatur ke mati secara default.


kami menemukan komponen "southbridge" tersembunyi di bawah heatsink yang cukup besar; pekerjaan dan penampilan militer berlanjut di bagian ini. Saya tidak yakin akan seperti apa bentuk ASUS, tetapi tentu saja menarik untuk melihatnya. Kami melihat enam standar port SATA II tepat di sebelah port dual SATA 3.0 (yang putih). Tidak banyak yang bisa dilihat di sini selain heat sink.

Nilai performa yang dihasilkan oleh produk ini memang tidak mehgecewakan, dengan nilai persentase mencapai 92%. Dari serangkaian pengujian, terdapat beberapa benchmark yang mencapai nilai maksimal, seperti padtz PCmark Vantage rating dan PCrhark memory suite. Fitur ESP yang terdapat pada produk ini pun memberikan hasil yang signifikan untuk penghematan daya. Sehingga selisih daya antara kondisi idle dan full load-nya hanya 65 watt. Sedangkan untuk paket penjualannya terdiri dari SLI bridge, manual book, ASUS Q-shield panel, DVD driver, 2 buah kabel SATA 3 Gb/s, 2 buah kabel SATA 6 Gb/s, serta tambahan berupa sertifikat TUF komponen.

Spesifikasi Gaming Motherboard ASUS SABERTOOTH X58 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment