Tips Merakit Gaming PC Dengan Budget Dibawah 5 Juta | Iksan Komputer

Wednesday, July 10, 2019

Tips Merakit Gaming PC Dengan Budget Dibawah 5 Juta

Berterimakasihlah kepada para produsen perangkat PC, baik itu motherboard, video card, memory, harddisk, dan lain sebagainya. Dengan gencarnya, mereka mengeluarkan produk dengan teknologi terbaru, hanya dalam hitungan minggu. Hal ini berimbas dengan terpotongnya harga-harga hardware PC dengan teknologi setingkat di bawahnya, tentunya kondisi ini menjadi kesempatan bagi konsumen termasuk Anda untuk memperoleh hardware PC dengan teknologi yang tak ketinggalan terlalu jauh dengan harga yang lebih terjangkau dari sebelumnya.

Kita ambil contoh pertarungan teknologi pada dua produsen processor terkemuka, yaitu Intel dan AMD. Memang jika dilihat kecepatan dock dari processor yang ditawarkan saat ini tidak mengalami banyak perubahan, namun perubahan terjadi pada masing-masing core yang menawarkan dual-core sampai empat core dalam satu processor. AMD menawarkan kelas Athlon 64 FX dan Intel dengan Core 2 Extreme, keduanya sama-sama memiliki multiple core pada desain processor-nya. Selain memiliki multiple core, fitur overclocking untuk meningkatkan performa processor juga ada pada produk-produk tersebut.



Selain processor, teknologi yang maju pesat adalah RAM di mana saat ini sudah tersedia RAM sebesar 2 GB dengan teknologi DDR3. Tak ketinggalan harddisk yang saat ini sudah mencapai kapasitas sampai terabyte.

Semua kecanggihan tersebut tentunya juga harus dibayar dengan harga mahal jika Anda ingin menikmatinya. Untuk processor harga bisa mencapai di atas US$999, untuk video card kelas high-end masih di kisaran US$500-US$700, dan terakhir untuk motherboard mencapai kisaran harga diatas US$300. Pertanyaan yang timbul disini adalah, apakah Anda memerlukan seluruh perangkat high-end tersebut untuk sekadar bermain game? Kami rasa Anda akan menjawab "tidak".

Pada Tutorial kali ini, kami akan menyajikan cara membangun sebuah PC dengan budget hanya di kisaran US$500 atau sekitar Rp5 juta. Dengan budget belanja seperti itu, Anda sudah bisa bermain game 3D terbaru, menjadikan PC Anda home theatre sekaligus Anda bisa mengolah grafis dengan PC tersebut. Pemilihan komponen PC akan kami dasarkan pada produk yang ada di pasar Indonesia saja dengan harga yang terjangkau dan memiliki performa yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

 Heatsink standar yang disertakan setiap Anda membeli processor baru masih bisa mendinginkan CPU dengan cukup baik. Namun jika Anda berencana melakukan overdock, gantilah heatsink dengan yang lebih bagus.

  • Built-in fan pada setiap casing yang Anda beli sangat membantu melancarkan sirkulasi udara didalam casing. Pilihlah casing yang menyediakan banyak titik pemasangan fan tambahan.
  • PSU built-in pada setiap pembelian casing baru biasanya memiliki kinerja kurang baik. Gantilah dengan PSU yang memiliki daya minimal 400W untuk bisa menjalankan sistem PC gaming yang sudah kita bangun ini.
  • Drive bays berukuran 5.25" pada setiap casing standarnya disediakan sebanyak empat buah. Pastikan Anda bisa memasang setidaknya dua buah optical drive pada sistem PC gaming tersebut.
  • Untuk sistem PC gaming ini kami memang menyarankan untuk menggunakan VGA card single. Namun, jika memungkinkan pilihlah motherboard yang mendukung teknologi dual VGA, baik SLI ataupun Crossfire.
  • Jumlah drive bays 3.5" standarnya pada setiap casing disediakan sebanyak tujuh buah. Jumlah ini kami anggap cukup untuk menyimpan harddisk Anda. Siapa tahu Anda ingin memasang tujuh buah hardisk sekaligus pada PC Anda.
  • Pastikan slot DIMM pada motherboard menyediakan, setidaknya dua slot untuk bisa menjalankan teknologi dual-channel. Atau jika memungkinkan pilihlah motherboard dengan slot DIMM lebih dari dua.
  • Ekspansion slot backpanel pada setiap casing memiliki tujuh buah sebagai ukuran standar. Pastikan hal tersebut, karena di kemudian hari jika ingin melakukan penambahan perangkat, anda tidak akan kebingungan
Dengan panduan ini, diharapkan Anda tidak membuang uang untuk membeli produk yang kurang bisa digunakan secara maksimal pada sistem PC Anda secara keseluruhan. Selamat mencoba

Tips Merakit Gaming PC Dengan Budget Dibawah 5 Juta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment