Low Budget Mouse Gaming Pilihan Untuk Para Gamer | Iksan Komputer

Sunday, July 14, 2019

Low Budget Mouse Gaming Pilihan Untuk Para Gamer

Bermain game rasanya tidak lengkap, jika tidak menggunakan mouse gaming. Kini, kami hadirkan beberapa mouse sebagai penunjang Anda bermain.

Kebutuhan akan bermain game bagi sebagian pengguna komputer menjadi sangat penting. Entah hanya sebagai pengisi waktu atau memang sudah menjadi hobi. Untuk pengujian group test kali ini, kami akan hadirkan salah satu periferal pendukung, mouse yang memang dikhususkan dalam bermain game.

Batasan pengujian, kami menentukan pada kisaran mouse yang bisa meng-bandle hingga 3000 DPI atau di atasnya. Parameter lain yang penting seperti polling rate, menjadi perhatian utama. Karena responsif mouse terhadap input (baik dari penekanan tombol atau pergerakan kursor) bergantung kepada delay data yang bisa dikirimkan oleh mouse. Nilai tertinggi untuk saat ini, pada mouse yang menggunakan interface USB adalah 1000 Hz atau kisaran delay 1 ms. Makin kecil delay command mouse, maka perintah yang dimasukkan ke dalam aplikasi game semakin cepat. Biasanya, hal ini menentukan hidup dan mati di dalam game.

A4tech seri X-7

Tidak semua penawaran produk untuk kelas enthusiast gaming harus diidentikkan dengan penawaran harga yang tinggi. Hal ini dibuktikan oleh produk mouse A4tech seri X-7 ini. Modelnya sendiri dari jajaran laser mouse gaming yang memiliki kelebihan ekstra tombol yang menyerupai D-Pad untuk thumb button O, walau tombolnya agak terlalu sensitif.

Mouse dengan kode nama XL-755BK ini secara desain bentuk cukup konvensional. Dari sisi penempatan maupun ketersediaan tombol mengharuskannya hanya digunakan untuk tangan kanan. Hal ini membuatnya jauh dari pengguna yang lebih memilih penggunaan tangan kiri. Di luar itu, sisi build quality yang ditawarkan cukup berkualitas. Hal ini kelebihan lain produk ini. Mengingat ia dapat diperoleh dengan tawaran harga yang terjangkau.

Fitur-fitur utama yang dimiliki oleh mouse ini, selain dari sisi tombol adalah menggunakan teknologi tracking laser yang cukup mumpuni. Meski memang dalam hal kemampuan re- lus terbatasi pada 3600DPI. Di lain pihak, resolusi ini sudah lebih dari cukup untuk meng-bandle tingkatan resolusi monitor hingga 1600 x 1200 dengan sangat baik.

Satu kelebihan lain datang dari sisi bundle, dimana ia menyertakan dua pack kaki-kaki/foot, sekiranya foot bawaan sudah aus. Hal ini sangatlah penting, mengingat gamer akan selalu menggunakan mouse-nya secara lebih aktif dibandingkan dengan penggunaan mouse oleh user biasa.

Untuk setting dan pengaturan profile, semuanya diatur pada software bawaan Oscar. Selain itu, untuk menyimpan data profile, sudah dilengkapi memory internal sebesar 16 KB.

Untuk performa, ia termasuk kelas mouse berkualitas, apalagi dengan dukungan polling rate 1000 Hz, delay diperkecil hingga 1 mis. Anda tidak akan ketinggalan melakukan aksi dalam game, dengan mouse ini

CM Storm Inferno

Kesan pertama yang kami dapatkan tentang produk mouse gaming Inferno yang berasal dari CM Storm ini, memang cukup mengesankan dari sisi build quality dan bentuk ergonomis yang cukup elegan. Case luar mouse ini membuat penempatan telapak tangan cukup nyaman, ditambah lagi meski dari banyaknya tambahan ekstra tombol, secara keseluruhan tidak terlalu menyulitkan untuk mencapainya. Sehubungan dengan desain ini, sedikit mengejutkan mouse Inferno ini terbilang cukup berat, dan tidak ada indikasi berat yang adjustable. Bagi pengguna atau gamer yang mengharapkan mouse lebih ringan, sisi berat ini kemungkinan besar menjaldi hambatan untuk menggunakannya.

Selain itu, bentuk ini juga turut dipermanis oleh serangkaian lampu LED O yang secara berkala akan memijar atau meredup dengan warna berubah-ubah, tergantung profile yang sedang aktif. Sehubungan dengan LED ini, ada indikator setting DPI yang terbagi menjadi 5 set DPI LED O, yang dapat diubah menggunakan dua tombol di bagian atas ©.

Untuk fungsionalitas, mouse Inferno dilengkapi banyak tombol ekstra. Beberapa yang paling penting, satu di antaranya adalah tombol berbentuk hexagonal O, yang berfungsi sebagai pemilih profile mouse. Total hingga 4 profile yang dapat disimpan di dalam mouse ini. Satu lagi pada tombol di belakang dua tombol thumb 0, dinamakan Storm Tactic, yang dapat dikombinasikan dengan tombol lain untuk dapat mengeksekusi macro/script yang sudah ditetapkan.

Beralih kepada performanya, dengan maksimal resolusi 4000 DPI dan polling rate 1000 Hz, mouse ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi akan kemampuannya. Apalagi pada unit tracking sensor, CM Storm menggunakan tipe twin laser 0, yang jauh lebih kuat dalam men-track pergerakan mouse di permukaan.

GENIUS ERGO 555

Perkembangan mouse gaming makin terasa, salah satunya datang dari yang memang sudah lama berkutat di produk jenis mouse, yakni Genius. Pada produknya sendiri, Genius menawarkan iterasi terbaru Ergo 555 Laser. Mouse ini mampu menangani berbagai pengaturan dpi dari 400 sampai ke 3200. Nilai ini memang terbilang sangat standar untuk batasan pengujian group test kali ini. Selain itu, implementasi polling rate 500 Hz menguatkan kekurangan kemampuan tracking mouse.

Pada desain bentuk, Genius Ergo bisa dikatakan sebagai mouse paling ergonomis yang pernah kami gunakan. Karena dari setiap lekukan bentuk mouse ini sudah disesuaikan secara maksimal untuk genggaman tangan. Sedikit timbal balik adalah pada bagian scroll wheel O, yang menurut kami Genius tampak kurang serius. Walaupun dari sisi build quality mouse keseluruhan, ia tetap salah satu yang terbaik.

Ekstra fitur utama dari mouse ini adalah telah dilengkapi OLED display © di bagian atas mouse sebagai indikator setting mouse yang sedang aktif. Sehubungan dengan setting maupun profile, mouse ini dilengkapi utility yang bukan hanya menawarkan akses ke pengaturan profile, tapi juga termasuk konfigurasi axis X dan axis Y secara independen. Pada setting DPI, dapat dipilih melalui tombol yang sekiranya cukup berbeda dengan kebanyakan mouse gaming lain, yang berada di depan scroll wheel ©.

Menginjak ke sisi performa. Sebagai salah satu pilihan mouse dengan tawaran DPI yang tidak terlalu tinggi, ia memberikan tingkatanjfetnampuan yang tidak kalah dengan mouse-mouse lain yang kami uji kali ini. Ini dikarenakan ia sudah mengunakan tipe laser tracking generasi paling baru. Walaupun secara spesifikasi, ia masih terbatasi akan tingkatan responsifnya

Razer Imperator

Razer Imperator sebagai salah satu penawaran produk-mouse gaming dari Razer, hadir dengan menggunakan engine sensor yang terbilang bigb-end. Sebut saja sensor 5600 dpi, dengan tingkat polling rate 1000 Hz untuk 1 ms response time. Seperti setiap mouse Razer high-end lainnya, ia dilengkapi onboard memory untuk menyimpan profile dan macro DPI.

Namun, hal yang membedakan dari seri Imperator adalah pada sisi ergonomis yang sama sekali baru bagi sebuah produk Razer. Karena biasanya dari beberapa seri mouse Razer, menggunakan desain bentuk yang hampir serupa. Imperator sendiri, kini tampil lebih ergonomis dengan bentuk menyesuaikan genggaman tangan. Di satu sisi, hal ini akan membuat nyaman penggunaan. Di sisi lain, cara memegang mouse akan terpaku pada satu tangan kanan saja.

Ekstra yang unik, mouse ini dilengkapi tombol O untuk jempol (thumb button ©) yang dapat digeser posisinya kedepan atau ke belakang. Pengguna yang memiliki ukuran jari yang panjang ataupun pendek menjadi bukan masalah. Ekstra lainnya, juga dilengkapi tombol profile ©, sehingga profile setting mouse bisa dipilih langsung tanpa instal driver.

Untuk sisi performa, tidak perlu dipertanyakan lagi. Engine sensor laser yang digunakan menunjukkan tingkat responsif yang sangat baik, dan ini membuatnya cocok digunakan pada hampir semua permukaan. Timbal-balik dari sisi harga, walau sesuai fitur, hal ini cukup wajar.

Fokus di satu hal akan selalu menghasilkan kualitas terbaik untuk hal yang bersangkutan. Demikian juga dengan penawaran produk mouse gaming Razer Imperator ini. High-performance, kekuatan tertinggi Imperator ini akan menutupi seluruh fitur maupun kekurangan yang lain

STEELSERIES XAI

Di pengujian kami kali ini, SteelSeries menghadirkan mouse gaming seri Xai. Ini adalah mouse dengan teknologi mutakhir secara keseluruhan, tetapi memiliki bentuk yang terbilang biasa saja. Anehnya. SteelSeries tetap bertahan dengan menggunakan sensor laser generasi kedua untuk mouse gaming Xai ini, padahal saat im sudah muncul generasi 3.5 yang lebih baru, yang rata-rata sudah diaplikasikan oleh produsen mouse gaming kelas atas. Walau secara keseluruhan, tracking generasi kedua yang digunakan tetap teknologi tercanggihnya.


Dari sisi desain, secara keseluruhan produk ini tampak cukup menarik, meskipun kesan sederhana dan dan konvensional lebih tercermin. Namun, hal itu ditutupi dengan tingkat build quality yang sangat baik sekali. Salah satu keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk mouse gaming lain yang kami uji kali ini, termasuk desain, adalah pengimplementasian bentuk yang dapat dipergunakan, baik untuk pengguna bertangan kanan atau kiri. Masalah thumb button O ditanggulangi dengan tombol ibu jari tersebut ada di kedua sisi mouse. Untuk indikator, selain dari LED kecil © di atas mouse, juga memiliki fitur ekstra OLED display © untuk menunjukkan setting profile maupun DPI.

Secara performa, ia memberikan tingkatan performa yang sangat baik. Namun sesuai dengan teknologi tracking yang digunakannya,

Low Budget Mouse Gaming Pilihan Untuk Para Gamer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment