Cara Mengaktifkan Folder Sharing Di Microsoft Windows 7 | Iksan Komputer

Thursday, June 27, 2019

Cara Mengaktifkan Folder Sharing Di Microsoft Windows 7

Anda punya file, dan user jaringan lainnya ingin mengakses ke file tersebut. Jika memang demikian maka kuncinya adalah sharing.

DILIHAT dari sudut pandang lebih luas, jaringan adalah bagaimana kita bekerja, bermain, dan terhubung dengan user jaringan yang lain. Singkatnya adalah tentang sharing. Bagaimana melakukannya, bagaimana kita bisa memonitor apa yang di-sharing, dan siapa yang mengaksesnya?

Perlu dicatat bahwa Anda tidak bisa men-sharing satu file, atau hanya folder dan semua file yang terdapat dalam folder tersebut. Namun, Anda bisa mengatur tingkat akses user. Perlu diingat jangan sampai Anda men-sharing semua, terutama ketika menggunakan jaringan wireless yang tidak ada sekuritinya, karena itu bisa mengundang orang untuk masuk ke sistem Anda.

Ketika berbicara tentang sharing, Windows 7 dilengkapi dengan beberapa opsi yang bisa Anda gunakan untuk memilih resource yang ingin di-share, dan mengontrol akses ke resource tersebut. Sharing di 7 dimulai dengan mengonfigurasi lima opsi dasar, yaitu file sharing, public folder sharing, printer sharing, password protected sharing, dan media sharing. Namun, di sini kita hanya akan melihat empat opsi pertama.



Mengaktifkan File Sharing

Di bagian Sharing and Discovery Network and Sharing Center, opsi File sharing mengaturfile sharing secara umum. Jika dalam keadaan Off, maka klik panah di sebelah kanan file sharing, dan kemudian pilih Turn on file sharing. Klik Apply.

Mengaktifkan Printer Sharing

Opsi Printer sharing mengatur sharing folder Printers. Jika dalam keadaan Off, maka klik panah di sebelah kanan Printer sharing, dan kemudian pilih Turn on printer sharing. Klik Apply. Dengan demikian orang lain bisa mengakses printer Anda melalui jaringan.

Password Protected Sharing

Opsi Password protected sharing mengatur sharing dengan proteksi password. Ketika Anda menyalakan password protected sharing, maka hanya orang yang tahu username dan passwora account pada komputer Anda saja yang bisa mengakses resource yang di-share. Jika dalam keadaan Off, maka klik panah di sebelah kanan Password protected sharing, dan kemudiar klik Turn on password protected sharing.

Sharing Melalui Folder Public

Folder Public (pada XP disebut folder Shared Documents) merupakan cara nyaman dan mudah untuk sharing file. Dengan memasukkan file ke folder Public, maka semua user pada komputer Anda bisa melihat, dan menggunakan file tersebut. Demikian juga semua orang yang diberi izin untuk mengakses file melalui jaringan. Setiap komputer hanya mempunyai satu folder Public jadi semua user memasukkan file ke lokasi yang sama.

Untuk melihat folder Public, pilih Start, dan kemudian klik Documents. Anda akan melihat folder bernama Public di panel Favorite Links. Ketika dibuka, Anda bisa melihat di situ sudah tersedia folder-folder untuk mempermudah pengaturan, yaitu Public Documents, Public Music, Public Pictures, dan seterusnya. I Yang perlu Anda lakukan adalah meng-copy atau memindahkan file yang ingin di-share ke folder tersebut.

Semua user komputer Anda bisa mengkses folder tersebut, tapi Anda bisa mengatur bagaimana user jaringan bisa mengakses mereka. Untuk memastikan user komputer Anda bisa mengakses ke folder tersebut, buka Network and Sharing Center. Klik panah di sebelah Password protected sharing, dan kemudian nyalakan atau matikan. Pastikan juga Public folder sharing dinyalakan.

Anda bisa mengubah permission ke folder Public dengan mengklik panah di sebelah Public folder sharing, dan kemudian pilih salah satu opsi berikut: Turn on sharing so anyone with network access can open files, Turn on sharing so anyone with network access can open, change and create files, dan Turn off sharing (people logged on to this computer can still access this folder).

Satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa dengan metode sharing ini Anda tidak bisa mengatur permission per user. Jika ada satu orang yang bisa mengakses folder Public, maka yang lainnya juga mempunyai permission yang sama. Jika Anda ingin setiap user mempunyai permission yang berbeda, atau jika Anda tidak mau ada file yang dobel (satu di folder yang sebenarnya dan satu di folder Public), maka Anda harus sharing di folder yang berbeda.

Membuat User Account untuk Sharing

Jika Anda mengaktifkan Password Protected Sharing, maka Anda harus membuat account terpisah untuk setiap user yang diperbolehkan untuk mengakses share. Lakukan ini jika Anda ingin memberikan permission berbeda ke setiap user, atau jika Anda ingin username dan password sesuai dengan username dan password user pada komputer lokal. Atau, buat satu account yang digunakan oleh semua user. Lakukan ini jika Anda ingin memberikan permission yang sama ke semua user.

Pada waktu membuat user perlu Anda ingat bahwa Windows 7 tidak memperbolehkan user mengakses resource jika tidak mempunyai password. Oleh karena itu, Anda harus melengkap user account dengan password. Kedua, username yang Anda buat tidak harus sama dengan nama user pada komputer loka Anda bisa menggunakan username apapun. Terakhir, jika Anda membuat user account dengan nama dan password yang sama dengan usereksisting maka user tersebut bisa mengakses share secara langsung. Jika tidak, Windows akan menampilkan kotak dialog Connect To tempat Anda memasukkan user name and password.

Sharing Di Sembarang Folder

Klik kanan folder, dan pilih Share. Secara default, 7 akan menampilkan file Sharing Wizard. Anda bisa sharing ke user pada sistem saja, atau memperbolehkan semua Orang. Ini berarti user pada sistem lain bisa mengakses share tersebut meskipun mereka tidak mempunyai user account pada sistem Anda.

Jika Anda tidak suka menggunakan wizard dan ingin men-sharing folder secara manual, Anda bisa mematikannya. Buka Control Panel, dan pilih Folder Options. Pilih tab View, dan gulung daftar sampai Anda menemukan Use Sharing Wizard (Recommended). Hilangkan tanda centang pada checkbox di sebelahnya. Sekarang, pada waktu mengklik kanan folder dan memilih Share, Anda akan melihat tab Sharing pada properties folder. Anda juga akan melihat tombol Share untuk sharing biasa menjadi abu-abu. Sekarang Anda harus menggunakan Advanved Sharing.

Perhatikan bahwa Anda bisa menentukan banyaknya user yang mengakses share pada saat yang bersamaan. Setting default adalah 10. Anda bisa mengaturnya. Jika Anda yakin hanya ada satu orang yang akan mengakses share misalnya maka Anda bisa menguranginya ke 1.

Permission yang tersedia ada Full Control (Allow atau Deny), Change (Allow atau Deny), dan Read (Allow atau Deny). Read memungkinkan Anda untuk membaca f e (yang art.nya membaca, melihat, memantau, dan sebagainya), dan menjalankan file (jika itu adalah program). Change memungkinkan Anda untuk membaca dan menjalankan file, tapi juga memperbolehkan Anda untuk menulis ke file (misalnya membuka dokumen Word dan melakukan perubahan) atau menghapus file. Full Control memungkinkan Anda untuk membaca, menulis, menjalankan, dan menghapus file; plus Anda bisa mengambil ownership file dan mengubah permission file tersebut. Setelah membuat folder share Anda bisa kembali, dan mengklik Add untuk men-sharing lagi ke user lain dengan permission yang berbeda.

Yang menjadi dilema adalah Allow/Deny. Jika Anda, baik sebagai user atau anggota suatu grup, diberi permission Deny pada suatu obyek (printer, folder, drive share, dan sebagainya) maka permission Deny lebih kuat dari permission Allow yang ada. Sebagai ilustrasi, misalkan Anda sharing folder ABC. Secara default, semua orang (termasuk Anda) diberi akses Full Control ke folder tersebut. Namun, grup tempat Anda bergabung tidak diberi akses Read ke folder tersebut. Jadi, ini berarti Anda tidak bisa membuka folder untuk melihat isinya. Namun, Anda bisa mengubah permission untuk grup Anda, karena mempunyai akses Full Control. Setelah mengubah permission, Anda bisa masuk ke folder.

Sharing dari Computer Management

Pada Computer Management tersedia opsi Shared Folders. Klik kanan Shares, dan pilih New Share. Terlepas dari opsi folder yang dipilih, Anda akan melihat Create A Shared Folder Wizard. Pada opsi Shares, Anda bisa melihat semua folder dan huruf drive (bahkan yang tersembunyi sekalipun) yang di-share pada sistem. Dari sini, anda bisa mengklik kanan share,dan pilih apakah ingin menghentikan sharing. Anda juga bisa membuka properties-nya dan mengubah konfigurasi, termasuk setting permission share dan NTFS.

Pada opsi Sessions, Anda bisa melihat user yang mengakses share, dari komputer mana mereka mengaksesnya, sudah berapa lama mereka mengaksesnya, dan sebagainya. Dari sini Anda bisa mengklik kanan user, dan memutuskan sesinya. Pada opsi Open Files, Anda bisa melihat file mana yang dibuka, dan Anda bisa mengklik kanan dan menutupnya. Anda harus mem-beritahu user sebelum melakukannya karena pekerjaan yang sudah mereka lakukan pada file nanti bisa hilang.

Membuat Share Tersembunyi

Untuk meningkatkan sekuriti, tambahkan tanda dolar ($) pada nama share untuk menyembunyikan share dari user. Jika digunakan bersama dengan permission share dan NTFS, maka Anda bisa mengurangi jumlah user yang tidak berkepentingan. Jika user tidak bisa melihat share, maka mereka tidak akan mencoba untuk melihat isi share. Untuk user yang berkepentingan, Anda bisa menggunakan script untuk memetakan share tersebut. Oleh karena itu, hanya user yang berkepentingan saja yang tahu share tersebut ada. Meskipun jika ternyata ada user lain yang tahu nama share, masih ada pe^ ss on share dan NTFS yang akan mencegahnya.


Memetakan Folder Share Ke Drive Lokal

Mengakses folder share tidaklah sulit, dan tidak berbeda dari navigasi folder di komputer sendiri. Namun, mungkin ada share yang sering Anda akses. Ini tidak menjadi masalah jika folder di-share secara langsung. Bagaimana jika misalnya folder ada di dalam folder Data, Dokumen, Tulisan, Artikel, dan seterusnya? Banyak sekali yang harus Anda klik. Anda bisa saja menggunakan alamat jaringan, tapi terlalu panjang dan rumit. Dan seperti yang telah kita ketahui, semakin panjang alamat maka semakin besar kita bisa salah ketik. jaringan, Anda harus meng-enab/e Network discovery pada Network and Sharing Center. Jika Anda tidak bisa memetakan drive jaringan dan yakin permission sudah diset dengan benar maka pastikan Network Discovery sudah di-enable.

Untuk memetakan folder share ke drive lokal, klik kanan Computer atau Network, dan pilih Map Network Drive. Atau dari dalam Computer, Anda bisa pilih opsi Map network drive dari bar Command. Anda akan melihat kotak dialog sepert yang tampak pada gambar. Untuk memetakan drive, pilih huruf drive yang tersedia, dan kemudian masukkan path. Formatnya adalah \\servername\sharename\<path>.

Jadi, jika misalkan Anda ingin mengakses folder Lamontana pada komputer bernama MONTY, maka ketik \\monty\lamon-tana. Anda bisa mengklik Browse untuk melihat share yang tersedia, tapi Anda tidak akan melihat share yang tersembunyi. Untuk mengaksesnya, Anda harus memasukkan nama share, dan menambahkan $ di belakangnya.

Anda juga bisa terhubung ulang ketika logon sehingga Anda tetap terhubung ke share tersebut, tanpa perlu memetakan ulang. Perlu diingat bahwa Anda juga bisa terhubung ke server dengan menggunakan alamat IP. Jadi, Anda juga bisa mengetik \\serveripaddress\sharename.

Anda juga bisa memetakan folder jaringan ke drive lokal dari command prompt dengan menggunakan perintah NET USE. Meskipun mungkin Anda tidak akan begitu sering menggunakannya, tidak ada salahnya untuk mengetahui caranya, siapa tahu saja. Syntax-nya adalah NET USE [drive] [share] [password] [/USER:user] [/PERSISTENT:[YES | NO]] | /DELETE], dimana drive adalah huruf drive lokal(diikuti oleh titik dua) tempat Anda ingin memetakan jaringan, share adalah alamat folder jaringan, password adalah password yang dibutuhkan untuk terhubung ke folder jaringan (yaitu password username), /USER adalah username yang digunakan untuk terhubung ke folder jaringan, /PERSISTENT: gunakan YES jika Anda ingin terhubung lagi ke folder jaringan pada waktu berikutnya Anda logon, /DELETE untuk menghapus pemetaan eksisting. Sebagai contoh, perintah berikut akan memetakan folder jaringan \\PRINTER-SERVER\My Scans ke drive Z ketik net use z: \\PRINTER-SERVER\My Scans \persistent:yes.

Membuat Lokasi Jaringan untuk Folder Share

Ketika memetakan folder share ke komputer, 7 membuat icon untuk drive pada folder Computer di grup Network Locations. Namun, ketersediaan huruf drive mungkin semakin terbatas jika Anda mempunyai beberapa harddisk, drive CD atau DVD, memory card reader, flash drive, dan sebagainya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menambahkan icon sendiri ke grup Network Locations. Icon ini disebut network locations, dan masing-masing terhubung ke folder tertentu (ini sama dengan network places yang Anda buat pada Windows XP). Setelah membuat network location, Anda bisa mengakses folder share dengan mengklik ganda icon. Ini biasanya lebih cepat dibanding harus membuka beberapa lapis folder.

Untuk membuat network location, klik Start, Computer untuk membuka folder Computer. Klik kanan di sembarang tempat kosong pada folder Computer, dan kemudian klik Add a Network Location. 7 akan menampilkan Add Network Location Wizard. Klik Next. Pilih Choose a custom network location, dan kemudian klik Next. Ketik alamat folder share atau Anda bisa menggunakan Browse untuk memilih folder. Klik Next. Ketik nama untuk network location dan klik Next. Klik Finish. Add Network Location Wizard akan menambahkan icon untuk folder share ke folder Computer, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Mengakses Printer Share

Selain disk drive, perangkat lain yang biasanya di-share adalah printer. Ini masuk akal karena hampir semua orang kadang butuh mencetak sesuatu, dan itu bervariasi: hari ini mencetak dokumen ke printer laser, dan besoknya mencetak foto ke printer inkjet. Tentu saja, mubazir (dan sudah pasti tidak praktis) jika kita memasang printer laser dan printer ink-jet ke setiap kompter. Akan lebih mudah (dan lebih murah) untuk men-share printer sehingga semua orang bisa menggunakannya.

Untuk mengakses printer share, Anda harus terhubung dengannya. Browse ke komputer atau print server yang printer-nya ingin Anda gunakan. Klik kanan printer, dan kemudian klik Connect. Jika driver printer belum terinstalasi pada komputer Anda, maka 7 akan meminta Anda untuk menginstalasinya. Klik Install Driver.

Anda juga bisa menambahkan printer share dengan menggunakan Add Printer Wizard. Klik Start, Control Panel untuk membuka jendela Control Panel. Klik link Printer di bawah icon Hardware and Sound. 7 menampilkan jendela Printers. Klik Add a printer pada bar Command untuk membuka Add Printer Wizard. Klik Add a network, wireless or Bluetooth printer. 7 mencari printer share pada jaringan, dan kemudian menampilkan daftar printer yang ditemukan. Pilih printer yang ingin Anda gunakan. Klik Next. Jika driver printer belum terinstalasi pada komputer Anda, maka 7 akan meminta Anda untuk menginstalasinya. Klik Install Driver.

Jika Anda ingin menggunakan printer share sebagai printer default, biar Set as Default Printer tetap dicentang, dan klik Finish. Setelah terhubung ke printer share, 7 menambahkannya ke jendela Printers. Nama icon yang Anda lihat dalam format PrinterName on ComputerName. PrinterName adalah nama printer, dan ComputerName adalah nama komputer atau print server tempat printer terpasang.

Melihat Share di Komputer

Jendela Network akan menampilkan komputer dan item jaringan yang sering Anda akses (Windows 7 menampilkan icon monitor dan komputer mini tower; jika Anda tidak yakin, pilih View, Details dan lihat obyek yang bertu s«.an Computer di kolom Category). Jika Anda tidak melihat Suatu komputer, bisa jadi komputer tersebut dimatikan atau dalam mode Sleep. Anda harus menyalakan atau membangunkan komputer tersebut.

Untuk melihat komputer yang Anda inginkan, klik ganda icon komputer. Jika user account Anda juga ada di komputer remote, maka Windows 7 menampilkan share di komputer tersebut. Jika user account Anda tidak ada di komputer remote, dan password protected sharing diaktifkan, maka Windows 7 menampilkan kotak dialog Connect to Computer (di-mana Computer adalah nama komputer remote). Anda harus memasukkan username dan password suatu account yang ada di komputer remote.

Perlu dicatat, Anda bisa melihat share di komputer jaringan dengan melakukan klik ganda karena secara default komputer jaringan menjalankan perintah Open, yang menampilkan share di komputer tersebut. Namun, tidak semua perangkat yang Anda lihat di jendela Network yang perintah default-nya adalah Open. Sebagai contoh, perintah de^ult perangkat media adalah Open Media Player atau Open Media Sharing. Perangkat lain mempunyai perintah default yang lebih berbahaya. Beberapa router misalnya, mempunyai perintah default Disable yang memutuskan koneksi Internet. Jadi daripada mengklik ganda, sebaiknya klik kanan perangkat, dan lihat perintah yang tersedia

Cara Mengaktifkan Folder Sharing Di Microsoft Windows 7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment