Alasan Kenapa Manual Untuk Pemrograman NUSA Tidak Tersedia Untuk Publik | Iksan Komputer

Tuesday, June 24, 2008

Alasan Kenapa Manual Untuk Pemrograman NUSA Tidak Tersedia Untuk Publik

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pengunjung website resmi Nusa, www.bernaridho.net, menyatakan keinginan belajar Nusa. Mereka juga menanyakan manual pemrograman Nusa.

MANUAL Nusa memang tidak disediakan via web. Langkah ini mungkin terdengar aneh pada zaman di mana banyak orang berlomba-lomba untuk membuat produk atau dirinya atau jasanya dikenal di seluruh dunia, makin banyak orang tahu makin baik. Dengan mengetahui tren saat ini, mengapa manual Nusa tidak disediakan via web?



Ada beberapa alasan. Alasan pertama adalah perlunya strategi untuk menjaga keberlangsungan rasa ketertarikan masyarakat di masa-masa pembangunan Nusa yang akan memakan waktu beberapa tahun ke depan. Bila semuanya sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah, maka tidak ada lagi greget yang bisa ditunjukkan ke masyarakat.

Membangun software seperti Nusa mirip dengan lari maraton. Dibutuhkan napas yang panjang. Selain dana yang tidak mudah didapat, saya masih harus berhadapan dengan ekspektasi masyarakat yang berlebihan. Ada yang mengirim e-mail menanyakan apakah Nusa bisa dipakai untuk membuat game. Astaga, memangnya saya ini Microsoft atau IBM atau Oracle dengan dana yang sangat berlimpah?

Alasan kedua adalah untuk menjaga beberapa hal yang masih dirahasiakan. Beberapa hal dalam Nusa memang dirahasiakan karena alasan-alasan tertentu. Nanti, mungkin kalau sudah tiba saatnya, sebagian dari hal yang dirahasiakan tersebut akan dibuka. Saya sendiri merasa alasan ini cukup kuat.

Pada hari saya menulis artikel ini, ada e-mail berbahasa Inggris yang menyatakan tertarik ke Nusa. Saya tidak tahu apakah pengirimnya orang Indonesia atau orang luar negeri. Saya asumsikan orang dari luar negeri. Bila semua hal tentang Nusa mudah didapat, maka pengusaha atau komunitas di luar negeri dapat membuat produk yang didasarkan dengan ide di Nusa; tanpa sama sekali menyebut nama Nusa dan pembuatnya.

Alasan ketiga adalah salah satu tujuan utama dari pembuatan Nusa sendiri. Nusa dibuat agar orang-orang yang kuliah pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (saya tidak suka istilah Informatika) memiliki keunggulan dibanding otodidak. Bila praktisi juga dengan mudah menguasai ilmu pemrograman yang diwakili Nusa, maka salah satu tujuan pembuatan Nusa tidak tercapai.
Di tahun ini training dengan memakai bahasa pemrograman Nusa telah dilakukan di tiga kota (Jogja, Jakarta, dan Surabaya).

Peserta training dibatasi hanya untuk kalangan dosen. Pada training ini disertakan dan diajarkan fitur-fitur “advanced” seperti enkapsulasi, tipe record, dan modular programming; yang tidak dijelaskan pada tiga artikel berseri yang pemah dimuat di PC Media. Jadi, Nusa bisa dipakai tidak hanya untuk membuat “Hello world”.

Jumlah total peserta dosen yang mengikuti training dengan bahasa pemrograman Nusa mencapai lebih dari 60 orang. Dosen-dosen ini datang dari berbagai perguruan tinggi, termasuk dari UGM (Jogja) dan UI (Jakarta).

Dosen-dosen menjadi target yang lebih masuk akal daripada mahasiswa dan praktisi. Mahasiswa dan praktisi di Indonesia memiliki rentang waktu ketertarikan yang pendek, sekadar ingin tahu. Sesudah itu, business as usual.

Saat ini ada milis khusus untuk dosen-dosen yang pemah menerima training Nusa. Saya sampaikan harapan untuk memakai Nusa dalam pelajaran awal pemrograman. Di kelas tentulah dosen-dosen sering menyampaikan kepada mahasiswa untuk rajin belajar, berteori tentang kemajuan karena komunitas dan lain-lain. Kita akan lihat apakah dosen-dosen bisa melakukan apa yang mereka ajarkan.

Kepada masyarakat yang ingin belajar Nusa, maka saya sampaikan bahwa manual Nusa memang tidak dipublikasikan untuk umum. Manual tersebut hanya tersedia untuk dosen-dosen yang mau mengikuti training. Bila Anda seorang dosen dan ingin mengikuti training Nusa (secara gratis), silakan e-mail saya. Jumlah minimal peserta adalah 10; sehingga sebaiknya sudah memiliki sejumlah teman saat mengajukan permintaan. Permintaan training akan saya sampaikan kepada pihak lain yang memberi keputusan akhir tentang apakah training akan dilakukan atau tidak.

 http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1183082518

Alasan Kenapa Manual Untuk Pemrograman NUSA Tidak Tersedia Untuk Publik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Post a Comment